Mengenal dasar-dasar SEO

Mengamati pentingnya peran Search Engine Optimization (SEO) dalam membangun situs yang baik membuat Didi mau tak mau belajar dan mengaktualisasikan itu dalam pengelolaan blog ini.
Pada dasarnya SEO merupakan kapasitas sebuah situs untuk ditampilkan dalam SERP (search engine results page), halaman hasil pencarian yang dimunculkan pada situs-situs search engine. Hal ini memudahkan para pengunjung dalam mencari segala sesuatu informasi yang dibutuhkan di internet. Pemberdayaan SEO merupakan langkah vital untuk menjaring pengunjung dan meningkatkan kualitas sebuah situs.
Mengapa SEO menjadi hal vital dalam pengelolaan sebuah situs ?
Hal ini sebenarnya telah banyak diulas para webmaster yang jago mengenai SEO di berbagai situs. Yang jelas search engine adalah langkah pertama yang ditempuh banyak orang untuk mendapatkan informasi. Hanya dengan mengetikkan beberapa kata kunci (keyword) dari informasi yang dibutuhkan pada situs search engine, kita telah disajikan berbagai data yang siap dilihat.
Mengacu pada hasil pencarian search engine, tentunya hasil pada halaman pertama akan mengarahkan banyak pengunjung untuk memasuki situs tersebut. Nah, disitulah kita dituntut untuk memaksimalkan peran search engine guna menjaring pengunjung lebih banyak. Sehingga ilmu SEO ini pada dasarnya merupakan kompilasi data-data pada sebuah situs yang diterima situs-situs search engine. Hasil data yang muncul pada SERP murni berdasarkan rangking index page situs search engine.
Disini kita perlu menganalisa cara kerja sebuah search engine mengkompilasikan data-data sebuah situs. Google adalah search engine terdepan dalam pengelolaan index data situs abad ini. Dasar pencarian dengan program spyder atau main crawlers banyak digunakan search engine adalah mengoptimalkan pencarian pada kata kunci (keyword). Banyak faktor yang menjadi perhitungan sistem pencarian (SERP) pada google, meliputi meta keyword, meta description, link yang terhubung, pagerank, kualitas konten, dan masih banyak hal lainnya.
Pastikan situs yang kita kelola terindex dalam berbagai web directory
Pada posting ini, Didi tak akan membahas secara utuh komponen-komponen tersebut diatas. Yang perlu kita ingat, dalam mengoptimalkan fungsi search engine untuk situs kita adalah seberapa banyak situs kita telah terindex di berbagai search engine/web direktory. Hal terpenting yang harus kita lakukan adalah mensubmit URL situs kita pada berbagai web directory dan memaksimalkan keyword yang kita gunakan dalam penggunaan meta keyword yang baik untuk situs kita. Karena penggunaan keyword pada masing-masing situs tentunya berbeda, sesuai dengan fokus situs yang kita kelola.
Dengan tercantumnya situs kita pada banyak web directory/search engine, setidaknya akan memudahkan kita dalam pengelolaan unsur-unsur SEO lainnya. Untuk itu data-data awal yang kita gunakan ketika mendaftarkan URL situs kita hendaknya mewakili deskripsi situs dan penggunaan keyword yang tepat. Walau Google mencari keyword di semua halaman sebuah website, beberapa seksi seperti webpage title dan headings berperan lebih penting dari halaman-halaman lainnya. Meta keyword yang digunakan harus memiliki korelasi yang baik juga dengan deskripsi yang kita gunakan.
Kuantitas dan kualitas konten yang baik menciptakan SERP yang baik pula.
Karena Google membaca semua kata pada seluruh halaman situs, dengan kuantitas dan kualitas konten yang baik tentunya akan mengembangkan potensi keyword yang dimiliki situs tersebut. Sehingga dapat meningkatkan SERP situs kita pada search engine.
Sekali lagi dengan kuantitas konten yang banyak menjadikan sebuah situs kaya akan kata kunci (keyword) yang dibutuhkan para pencari informasi. Semakin baik fokus keyword pada konten suatu situs, maka index page rangking keyword kita akan semakin naik. Sehingga dapat dapat lebih memaksimalkan SERP situs kita pada search engine.
Kualitas konten yang baik juga akan menciptakan kenaikan signifikan link popularity, yang tentunya akan berdampak pada naiknya index rangking SERP situs kita pada search engine.
Kiranya masih banyak faktor-faktor lain untuk mengoptimalkan peran search engine guna meraih traffic kunjungan yang besar. Walaupun Didi juga masih dalam tahap pembelajaran SEO, setidaknya apa yang menjadi dasar sebuah pengelolaan SEO yang baik sedikit tercover pada uraian singkat di atas. Kiranya juga, para webmaster yang rela berkunjung juga sudi menambahkan apa yang kurang pada tulisan ini. Mudah-mudahan kedepannya Didi akan melanjutkan tulisan mengenai SEO ini.
Happy Blogging !

Post a Comment

W a r n i n g !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
- Penghinaan atau Pelecehan.
- Spamming (Spam Comment).
- Link Aktif atau Anchor Text, dan sejenisnya.

Komentar akan muncul setelah di setujui.
Tulislah setiap kata dengan penuh kesopanan.

Terima kasih untuk kunjungannya.